No. 846 Preferensi adalah proses seseorang dalam memilih informasi atau sesuatu hal yang
lebih disukai oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor –
faktor preferensi serta hubungan dalam pemilihan obat tradisional dan obat sintetik
di Apotek Damai Depok periode Juli – Agustus 2021. Penelitian ini dilakukan
dengan metode deskriptif. Pendekatan dilakukan dengan metode penelitian survey
menggunakan kuesioner pada 95 responden untuk mendapatkan data. Data Bivariat
yang diperoleh dianalisa uji perbandingan yaitu uji Chi Square untuk mengetahui
hubungan preferensi customer dalam memilih obat dengan tampilan diagram dan
persentase.
Hasil penelitian menunjukan gambaran sosiodemografi customer Apotek Damai
terbanyak terdapat pada usia Remaja Akhir ( 34,80% ), berjenis kelamin perempuan
( 76% ) dengan suku jawa ( 42,10%) dan betawi ( 37,9% ) dengan pendidikan
menengah dan berstatus sudah menikah (64,3%). Pemilihan obat terbanyak terdapat
pada kelompok obat sintetik (68,40%) dengan faktor psikologi sebagai faktor
preferensi mendapat nilai setuju terbanyak ( 90%). Pada faktor sosiodemografi
pekerjaan customer memiliki hubungan dalam pemilihan obat dengan hasil chi
square nilai signifikansi < 0,05% serta pada faktor budaya dan psikologi juga
memiliki hubungan dalam pemilihan obat dengan hasil chi square nilai signifikansi
< 0,05% tetapi faktor sosial tidak memiliki hubungan dalam pemilihan obat dengan
hasil chi square nilai signifikansi > 0,05%.
Kata Kunci : Preferensi, Obat Tradisional, Obat Sintetik