No. 208 Pelayanan kefarmasian adalah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada
pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan tujuan memperoleh hasil
yang jelas dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Salah satu aspek guna
menganalisis dari kepuasan pasien adalah untuk menggapai kualitas pelayanan di
apotek. Karena adanya masalah dari segi pelayanan resep yaitu banyaknya pasien
yang mengeluh sehingga peneliti tertarik untuk meneliti. Tujuan peneltian ini untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Apotek K 24
Kemakmuran di Depok.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional prospektif, data yang digunakan
ialah data asli yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan kuesioner.
Kemudian dilakukan pengolahan deskriptif terhadap data yang didapat. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Apotek K 24 Kemakmuran Depok yang
berkunjung dengan membawa resep. Sampel penelitian diambil secara accidental
sampling yaitu sebanyak 96 orang.
Hasil penelitian ini ada sebanyak 54 responden berjenis kelamin wanita dan 42
responden berjenis kelamin pria, dimana 34,38% lebih banyak responden berusia
26-35 tahun dengan tingkat pendidikan tertinggi SMA/SMK sebanyak 59,38% dan
sebagian besar responden pegawai swasta yakni sebanyak 42,71%. Dari hasil
tingkat kepuasan didapatkan perolehan hasil dimensi Bukti Fisik sebesar 92,70%,
dimensi Keandalan 89,60%, dimensi Jaminan 78,10%, dimensi Kepedulian
80,20%, sertaimensi Daya Tanggap sebesar 81,30%.
Kata kunci : Apotek, Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian