No. 209 Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh banyak orang.
Ketidakpatuhan pasien adalah suatu masalah yang paling umum dalam terapi
pengobatan pengelolaan hipertensi. Ketidakpatuhan pasien hipertensi terhadap
terapi mungkin disebabkan oleh kurangnya informasi dan pemahaman.
Kemampuan untuk menetapkan manajemen tekanan darah yang baik pada
hipertensi dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap pasien tentang tekanan darah.
Hipertensi jangka panjang, jika tidak dikendalikan secara efektif, dapat
menyebabkan masalah dan kematian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
gambaran tingkat pengetahuan dan sikap pasien hipertensi tentang pengobatan
hipertensi di Puskesmas Cisaat Kabupaten Sukabumi. Sebagai populasi sasarannya
adalah seluruh pasien hipertensi. Penelitian ini menggunakan non-probability
sampling dalam pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling.
Pengumpulan data menggunakan instrument berupa kuesioner yang dibagikan
langsung kepada responden dan analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil
penelitian menunjukan profil pasien hipertensi sebagian besar berusia 56-65 tahun
(40,3%), tidak ada riwayat keturunan hipertensi (87,9%), tingkat pendidikan
Sekolah Dasar (50,0%), tidak bekerja (78,2%), mendapat sumber informasi
hipertensi dari petugas kesehatan (88,7%), dan lama menjalani pengobatan
hipertensi 1-3 tahun (41,9%). Pengetahuan pasien tentang pengobatan hipertensi
sebagian besar pada kategori cukup baik (46,0%), kemudian pada kategori kurang
baik (31,5%) dan kategori baik (22,6%). Sikap pasien sebagian besar pada kategori
cukup baik (50,8%) dan kategori baik (49,2%).
Kata kunci : Pengetahuan, Sikap dan Pengobatan hipertensi.